L'Arc~en~Ciel - DAYBREAK'S BELL

Senin, 02 Februari 2009

DAYBREAK'S BELL merupakan single ke-empat yang diluncurkan oleh Laruku setelah merilis album Awake pada tahun 2005 kemarin.


Single AYBREAK'S BELL di dalamnya berisikan empat buah track. Secara berurutan, track-track tersebut berjudul DAYBREAK'S BELL, Natsu no yuuutsu (SEA IN BLOOD 2007), DAYBREAK’S BELL (hydeless version) dan Natsu no yuuutsu (SEA IN BLOOD 2007) (TETSU P’UNKless version). Natsu no yuuutsu (SEA IN BLOOD 2007) kali ini dibawakan dengan memakai formasi P'UNK~en~Ciel, yaitu Tetsu pada vokal merangkap gitar, Hyde sebagai gitaris, Yuki di posisi bass dan Ken di posisi drum.

Langsung saja dimulai dengan tembang pertama yaitu DAYBREAK'S BELL. Lagu ini mengingatkan dengan lagu-lagu oldiesnya Laruku sewaktu personilnya masih berdandanan ala cowok cantik. Ini bisa dilihat pada gebukan drum Yuki yang tumben sekali kali ini bermain cukup apik dan sedikit aktraktif. Warna musiknya sendiri tipikal musik-musik aliran mainstream yang terkesan pop. Namun, walaupun begitu lagu ini memiliki melodi yang dinamis serta harmonis. Ditambah lagi dengan ornamen-ornamen seperti piano/keyboard yang semakin memanjakan telinga pendengarnya. Hyde menyanyikan lagu ini dengan sedikit santai. Tetapi tetap dengan penjiwaannya bisa tersampaikan kepada pendengar. Terlebih falseto-nya yang khas masih bisa kita dengarkan. Dan seperti biasanya, Ken memainkan beberapa buah melodi melalui solo gitarnya walaupun terdengar biasa saja.

Tembang berikutnya adalah Natsu no yuuutsu (SEA IN BLOOD 2007) versi P'UNK~en~Ciel. Lagu ini sendiri berasal ada dalam album heavenly yang dirilis pada tahun 1995. Jika kalian ingin tahu seperti apa jika musik punk digabung dengan musik metal? Nah, lagu ini mungkin adalah jawabannya. Riff gitar cepat yang dimainkan oleh Tetsu dan Hyde benar-benar terkesan sangat nge-trash sekali. Yuki juga tidak mau kalah. Dentuman bass yang dia mainkan lumayan ngotot dan menggigit. Ketukan drum Ken walaupun terdengar biasa saja alias monoton, tapi beberapa aksi double pedalnya layak diacungin jempol. Saat lagu hendak memasuki durasi menit ke 3, interlude yang dimainkan benar-benar bernuansa metal yang setidaknya bisa membuat kepala sedikit bergoyang. Hanya satu saja kekurangannya, yaitu vokalnya Tetsu. Entah kenapa terdengar kurang bagus dan kurang gahar.

Dua buah track sisanya adalah DAYBREAK’S BELL (hydeless version) dan Natsu no yuuutsu (SEA IN BLOOD 2007) (TETSU P’UNKless version). Jika ada yang ingin berkaraoke lagu DAYBREAK'S BELL dengan penjiwaan matang ala Hyde, track DAYBREAK’S BELL (hydeless version) layak dicoba. Begitu pula dengan lagu dan Natsu no yuuutsu (SEA IN BLOOD 2007) (TETSU P’UNKless version).

0 komentar: